Rabu, 02 Agustus 2017

Larung Sesaji, Tradisi Adat Masyarakat Sumberejo

Tradisi upacara adat Larung Sesaji merupakan suatu tradisi masyarakat nelayan Sumberejo yang mana masyarakat melemparkan sesaji dengan menggunakan sebuah perahu yang telah dilakukan puluhan tahun yang lalu. 

Tradisi upacara adat larung sesaji dilaksanakan setiap tahun sekali sebagai wujud penghormatan terhadap tradisi yang telah lama diciptakan oleh nenek moyang. 


foto: tabloidwisata
  • Pelaksanaan Tradisi Upacara Adat Larung Sesaji
Upacara adat larung sesaji sejak Jaman nenek moyang sudah dilaksanakan pada bulan Muharram atau bulan Suro tepatnya pada hari Jum’at manis menurut hitungan Jawa. 

Alasan dilaksanakan pada bulan Muharram karena merupakan hitungan bulan awal dalam tahun Masehi. 

Selain itu, para leluhur memilih pada bulan Muharram atau bulan Suro tahun Jawa karena mereka perlu menyambut tahun Jawa itu dengan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.

  • Tujuan Tradisi Upacara Adat Larung Sesaji
Dahulu, tujuan dari pelaksanaan tradisi upacara adat larung sesaji agar tidak di ganggu oleh makhluk gaib. Kemudian tujuan tersebut berkembang untuk memohon keselamatan pada saat mencari ikan dilaut serta agar diberikan hasil tangkapan ikan yang banyak. 

Kemudian pada perkembangan selanjutnya, tradisi upacara adat larung sesaji bertujuan sebagai ungkapan balas budi para nelayan terhadap hasil tangkapan ikan yang diperoleh. 

Sejak adanya masyarakat yang menyaksikan tradisi upacara adat larung sesaji, dan semakin banyak masyarakat yang antusias, upacara tersebut bukan lagi upacara yang sakral, tetapi sudah bercampur menjadi aset wisata.



Tradisi upacara adat larung sesaji tambah tahun semakin banyak dikenal masyarakat karena merupakan budaya yang khas dan unik. 

Kemudian dari generasi ke generasi berikutnya, pelaksanaan tradisi larung sesaji tidak lagi hanya menaruh sesaji saja, tetapi ditambah dengan acara pagelaran wayang kulit yang dibawakan oleh seorang ki dalang dan sampai sekarang pagelaran wayang kulit terus digunakan sebagai hiburan kepada masyarakat.

Menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung pada saat perayaan tersebut. Selain melihat langsung ritual yang dilakukan, mereka juga akan disuguhi berbagai macam hiburan yang menarik dan kerajinan tangan khas masyarakat setempat.

Bagaimana? apakah kalian tertarik berkunjung untuk menyaksikan tradisi adat Larung Sesaji ini ? jika tertarik untuk berlibur kesana agendakan untuk datang sekitar bulan muharram, karena acara tersebut berlangsung pada  bulan Muharram tepatnya pada jum'at manis menurut hitungan jawa.




EmoticonEmoticon