Selasa, 22 Agustus 2017

Unik, Festival Pegon Masyarakat Sumberejo

Pegon atau cikar adalah kendaraan angkutan tradisional yang ditarik oleh hewan berupa sapi ataupun kerbau.

Festival ini berawal dari budaya masyarakat setempat yang sudah turun temurun sejak 1989sebuah festival tahunan setiap hari ketujuh lebaran dengan melibatkan kendaraan tradisional pegon atau cikar yang dihias sedemikian rupa, berjalan berarak-arakan merayakan hari lebaran kupatan (hari ketujuh lebaran) dengan berwisata ke pantai watu ulo ini. 

Pegon 


Mereka menggelar pawai sepanjang 10 kilometer yang diawali dari Kantor Desa Sumberejo hingga ke pesisir Pantai Watu Ulo.

Dimana masyarakat setempat membawa ketupat yang merupakan ciri khas dari hari kupatan (hari ke tujuh lebaran) dan hidangan lainnya misalnya opor ayam, kemudian makan bersama sambil menikmati indahnya pantai watu ulo.

Semula, masyarakat hanya menggunakan pegon tanpa ada hiasan atau tambahan pernak-pernik seperti sekarang. Mereka hanya menggantungkan ketupat di pinggir pedati sebagai bekal untuk makan bersama di pantai. Namun kini hal itu telah dimodivikasi dengan menambah ornamen penghias, seperi janur, kain batik dan pita berwarna-warni.

Meski sempat terhenti, tradisi ini menjadi sesuatu yang ditunggu oleh masyarakat setempat dan wisatawan lokal. Sebab saat ini, tak hanya keluarga dan tetangga pemilik pedati saja yang bisa ikut dalam pawai tersebut, melainkan juga wisatawan lokal maupun luar daerah Jember. Mereka bisa merasakan sensasi naik pedati sembari menikmati pemandangan alam Pantai Selatan Jember.

Kepala Desa Sumberejo, Riono Hadi menaiki Pegon 

Festival pegon ini mampu menarik wisatawan berkunjung ke pantai dan daya tariknya cukup signifikan. Terbukti, wisatawan yang berkunjung cukup banyak ketika mendengar tradisi ini digelar kembali

Pemerintah berencana akan mengembangkan festival ini menjadi event tahunan yang dikemas lebih profesional dengan ‘mempercantik’ armada pegon yang mengikuti pawai tersebut. 




Untuk kalian yang ingin mengikuti festival Pegon sekaligus ingin mencoba dan merasakan sensasi naik Pegon sembari menikmati pemandangan alam Pantai Selatan Jember, harus mendaftar dulu ke pemilik pegon atau panitia acara karena tempatnya terbatas dan untuk satu pegon, rata-rata hanya mampu menampung 15 orang.

Jangan lupa acara tersebut diselenggarakan setiap lebaran ketujuh dan untuk kalian yang ingin berkunjung, Festival ini diadakan di Jember yang berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, tepatnya di Balai Desa Sumberejo, karena acara tersebut dimulai di Balai Desa Sumberejo dan berakhir di Kawasan Pantai Watu Ulo. 





This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon